Tuesday 1 September 2015

Aja Rumangsa Bisa, Nanging Bisaa Rumangsa

Aja Rumangsa Bisa, Nanging Bisaa RumangsaTegese aja seneng rumangsa bisa yen durung bisa, nanging bisaa ngrumangsani yen durung bisa. Rumangsa bisa mujudake watak sing dianggep kurang prayoga. Kena apa mangkono, jalaran sing diarani bisa ing paribasan iki mung saka rumangsane. Rumangsane wae bisa, nanging kepriye nyatane, bisa tenan apa ora, embuh ora weruh. Mula aja nduweni sipat kaya ngono. Coba yen nganti dijajal tenan, dipasrahi gaweyan sing jarene bisa mau. Yen asile ora samurwat apa ora ngisin-isini? Jare bisa, kok nyatane asile ora pakra, adoh sungsate karo anggone ngomong tekan ngendi-endi. Dene sing dikarepake bisaa rumangsa, regese bisa ngrumangsani. Kayata wani ngrumangsani yen ora bisa.

Paribasan iki seprene esih kerep digunakake lan uga mujudake pitutur adiluhung kang pantes diuri-uri. Jalaran sejatine akeh wong jawa iku kang isinan. Isin ngaku yen ora bisa, isin diarani bodho, wirang yen nganti dicap kapinterane lewih asor tinimbang wong liya.
Bisa ngumangsani ateges duwe rasa rumangsa kang jero, saengga kena kanggo srana mbangun semangat kamanungsan, njaga atine liyan murih ayem tentrem anggone urip bebrayan lan kekadangan ana ing masyarakat.

Aja Rumangsa Bisa, Nanging Bisaa Rumangsa

Artinya jangan merasa bisa (mampu), tetapi bisalah (dapatlah) merasa (mengakui) bahwa dirinya belum bisa (belum mampu). Merasa bisa adalah sifat yang tidak terpuji. Yang disebut bisa dalam peribahasa ini adalah dari perasaan orang yang mengucapkan saja. Hanya mengaku-ngaku bisa, merasa mampu. Padahal bagaimana kenyataannya, bisa sungguh atau tidak, entahlah. Maka, jangan memiliki sifat demikian. Coba jika sampai betul-betul ditantang, dilimpahi pekerjaan yang katanya dimampui tadi. Jika katanya tidak becus, apa tidak malu sendiri? Katanya bisa, kok ternyata hasil kerjanya tidak sebanding, jauh dengan yang sudah dibualkan. Adapun yang dimaksud dengan dapat merasa adalah sifat tahu diri atau mempu merasa dan mengakui keterbatasan diri sendiri.

Peribahasa ini masih sering digunakan hingga sekarang, dan juga merupakan nasihat bijaksana yang pantas dilestarikan. Sebenarnya banyak orang Jawa yang pemalu. Malu mengakui bahwa dirinya tidak bisa, malu dikatakan bodoh, malu jika dianggap kepandaiannya lebih rendah dari pada orang lain.
Bisa merasa atau mempu mengakui berarti memiliki rasa dan perasaan yang dalam sehingga dapat digunakan untuk membangun semangat kemanusiaan serta menjaga perasaan orang lain agar dapat tenang dan tenteram dalam hidup bermasyarakat dan bersaudara.

2 comments:

  1. Lelaki sepuh di atas itu namanya siapa kak?

    ReplyDelete
  2. Menurut pengalaman saya, ini bukan lah karena "sifat" orang Jawa yang pemalu mungkin orang Jawa jaman dulu,tapi kebanyakan orang Jawa jaman sekarang malah arogan. Tapi yang jelas sifat ini dari keangkuhan dan keserakahan seseorang yang merasa dirinya lebih segalanya dari orang lain tapi sesudah terjadi rasa malu karena kenyataannya berlainan dia tidak merasa bertanggung jawab alias malu.

    ReplyDelete